Survey Konsepindo Jokowi Ma’ruf 55% dan Pasangan Prabowo Sandi 32,2%

Pemaparan hasil survey Konsepindo di Hotel Milenium, Jakarta (13/3) foto KN.

Jakarta- Lembaga Survey Konsep Indonesia (Konsepindo Reasearch & Consulting) merilis survey nasional mengenai pencapresan pasangan no 01 Jokowidodo dan Ma’ruf Amin serta pasangan 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, di Hotel Milenium, Kebon Sirih, Jakarta (13/3).

Direktur Konsep Indonesia Research & Consulting Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan survey dilakukan dengan melibatkan 1200 responden, menggunakan metode multistage random sampling, dengan menggunakan margin of eror kurang lebih 2,9%.

Hasil survey menemukan jawaban, pada pertanyaan spontan jika pemilihan presiden dilakukan per hari ini, 55% responden langsung menyatakan akan memilih Jokowi-Ma’ruf, sementara yang akan memilih Prabowo-Sandi sebanyak 33,2% dan sisanya 11,8% belum memutuskan.

“Melihat selisih yang ada dan menimbang sisa waktu yang tinggal 35 hari lagi, bisa diprediksi pilpres ini akan dimenangkan oleh Jokowi- Ma’ruf Amin, ini tentu saja jika tak ada kejadian yang luar biasa,” ungkap Veri

Veri menerangkan sejumlah faktor terkait sehingga Jokowi-Ma’ruf dianggap lebih terbuka peluangnya untuk memenangkan kontestasi. Yakni, persepsi positif atas kinerja Jokowi sebagai presiden.

“Responden mengaku puas dengan kinerja Jokowi sebanyak 69,6%. Sebaliknya yang mengaku tidak puas hanya 26%,” sebut Veri

Selain itu, sebanyak 73,4% responden menilai selama Jokowi menjadi presiden, Indonesia mengalami kemajuan yang penting. Veri mengatakan pasangan calon presiden nomor urut 01, mendapatkan insentif elektoral yang positif.

Responden menilai pasangan Jokowi-Ma’ruf merupakan pasangan yang dianggap dapat menyelesaikan masalah ekonomi 28,3% dibanding pasangan Prabowo-Sandi yang menggaungkan isu ekonomi dalam kampanyenya 26,7%.

“Poin penting temuan survei kita adalah Jokowi-Ma’ruf dinilai lebih mampu menyelesaikan masalah dan tantangan ekonomi dibanding rivalnya, padahal Prabowo-Sandi banyak mengeksploitasi isu ekonomi dalam kampanyenya,” tutur Veri.

Pada penilaian kemampuan pasangan calon pasangan Jokowi-Ma’ruf dipandang lebih mampu mengatasi masalah sosial, ekonomi, politik, hukum, dan dipandang mampu mengatasi masalah keamanan.

“Gabungan faktor persepsi positif atas kinerja presiden dan persepsi kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial, ekonomi, hukum, politik, dan keamanan. Ini memiliki kontribusi penting atas tingginya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dibanding lawannya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *