Indonesia Bakal Punya Sirkuit MotoGP di Mandalika

Image balapan mottoGP di sirkuit

Lombok-Khabar Mandalika sebagai tempat ajang tempat perhelatan balap GP dunia berhembus kencang, bahwa Indonesia akan segera merealisasinya, seperti diketahui Mandalika berada Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, mengklaim sudah mendatangani kontrak dengan Dorna, selaku penyelenggara MotoGP.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, menjelaskan bahwa pihaknya telah meneken kontrak untuk menggelar balap MotoGP pada 2021.

“Kita sudah tandatangan kontrak pada Januari dengan Dorna.‎ bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sirkuit,” ungkap Abdulbar, di Jakarta (19/2)

Arena sirkuit yang digunakan merupakan sirkuit jalan raya, yang proses konstruksinya digarap oleh perusahaan asal Prancis, Vinci Construction Grands Projects.

Soal pendanaan, Abdulbar mengungkapkan pihaknya mendapatkan pendanaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).‎

“Pendanaan sudah kita dapat, jadi akan segera dibangun. MotoGP balap motor terbesar di dunia. Penontonnya 400 juta, Indonesia nomor 2 setelah China, penontonnya. Dibangun oleh Vinci, ini kita ‎bangun dari awal. Kalau di negara lain tidak,” .

Pembangunan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer (km) tersebut bakal rampung pada 2021, diharapkan bisa menarik wisatawan menyaksikan MotoGP di Mandalika.

“Kita punya waktu 2 tahun, dan semua berharap bisa selesai tepat waktu agar bisa menyelenggarakan balapan pada 2021, kita prediksi sirkuit akan mampu mendatangkan 300.000 turis asing,”  sebutnya lagi.

Dengan rencana awal pembangunan di Oktober 2019 dan target penyelesaian enam bulan setelahnya, PT ITDC berharap sirkuit tersebut bisa mulai digunakan pada Race MotoGP dan Superbike di musim 2021-2022, apabila Indonesia berhasil terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara.

Sebagai informasi Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata yang Diketahui, sepanjang Januari-Desember 2018, sebanyak 955.632 wisatawan telah berkunjung ke KEK Mandalika. Angka ini diharapkan akan terus meningkat, seiring pembangunan berbagai fasilitas dan sejumlah aspek pendukung lainnya bagi KEK Mandalika tersebut.

Nantinya, sirkuit yang akan dibangun untuk MotoGP itu akan membentang sepanjang 4,32 kilometer, dengan dikelilingi bukit-bukit indah yang menjadi ciri khas kawasan Mandalika.

Pembangunan yang akan dimulai pada Oktober 2019 nanti diperkirakan akan rampung dalam waktu enam bulan, sehingga pada semester dua 2020 pihak Vinci akan mulai membuat lapisan balap dari badan jalan tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *