240 Tahun Museum Nasional Gelar Dongeng Sejarah

Kepala Museum Nasional Siswanto (kiri) didampingi Yudi Suryoatmojo Ketua Dapoer Dongeng
Rangga Riantiarno Teater Koma di Museum Nasional, Minggu (29/4/2018).

Khabarnasional- Museum Nasional Indonesia dalam rangka memperingati hari jadinya ke 240 tahun kembali melanjutkan kerja sama dengan Dapoerdongeng dan Teater Koma untuk mengadakan pentas dongeng sejarah bertajuk AkhirPekan@MuseumNasional Season 6.

Direktur Museum Nasional Indonesia Siswanto menjelaskan, tema-tema dari lakon AkhirPekan@MuseumNasional bertujuan untuk mendukung pendidikan karakter bangsa.

"Museum sekarang bisa dijadikan ruang yang baik bagi anak-anak dan keluarga untuk belajar sekaligus merenungkan hal-hal yang menjadi kekuatan kita," katanya saat dikonfirmasi di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (29/4).

Koleksi museum sebanyak 140 ribu lebih  merupakan artefak koleksi Museum Nasional yang berasal dari zaman pra sejarah menjadi bukti kebhinnekaan dan keterbukaan bangsa Indonesia.

"Setelah enam tahun berjalan, terbukti program  story telling telah menjadi salah satu unggulan yang berhasil mendongkrak kunjungan ke Museum Nasional hingga 20 persen, khususnya dari segmen generasi muda," jelasnya," Sebab itu kami akan terus berupaya meningkatkan jumlah pengunjung sehingga kerjasama ini akan dilanjutkan,".

Berawal dari jumlah penonton teater 175 orang per hari saat program diluncurkan kini terus tumbuh lebih dari 300 persen, sehingga museum nasional secara rata-rata
750 penonton datang setiap hari.

Jumlah kenaikan ini juga berkontribusi pada keberhasilan Museum Nasional terus mendongkrak jumlah pengunjung yang tadinya 170 ribu pengunjung per tahun pada 2009 menjadi 250 ribu pada 2015, data terakhir mendekati 500 ribu per tahun.

Menurut Siswanto,"Peningkatan itu tak terlepas dari kepeloporan Museum Nasional Indonesia dalam memasukkan unsur teater, menjelajah, dan bermain yang menyesuaikan pada jiwa anak-anak sebagai sajian utama kunjungan ke museum," sebut pria yang baru saja memimpin museum Nasional sejak 2017

Program AkhirPekan@MuseumNasional, dikonsep melalui rangkaian pengunjung yang dipandu keliling museum serta dipadukan dengan menyimak kisah-kisah di balik artefak koleksi oleh para aktor Teater Koma yang digabungkan dengan permainan treasure hunt.

Para pengunjung museum Nasional diajak mencermati aneka koleksi yang berkaitan dengan cerita dalam lakon teater seraya menyelesaikan berbagai aneka kuis dalam peta jelajah. Lembar aktivitas khusus dirancang untuk mendorong anak-anak terbiasa mendiskusikan hal-hal yang diamati dengan orang tua, guru, dan sesamanya .

"Kedepannya kami akan mengajak kerjasama para guru sekolah SD dan SMP agar mengajar sejarah di museum nasional, dengan  melibatkan langsung alat peraga sejarah yang dimiliki oleh museum Nasional, sehingga pelajaran sejarah tersebut menjadi nyata dan menumbuhkan gairah pelajar belajar sejarah," tandasnya. -Val

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *